Puri Saren Ubud

Puri Saren Ubud merupakan rumah atau istana bergaya tradisional Bali sebagai tempat kediaman Raja Ubud serta keluarganya yang lokasinya berada di tepi jalan di tengah Kota Ubud dan berjarak 22 km dari Denpasar atau sekitar 1 jam bila berkendara. Puri ini bergaya arsitektur Bali traditional dan memiliki keunikannya serta masih menjaga keaslian bangunan disekitarnya sehingga menjadi daya tarik para wisatawan untuk melihatnya.

Puri Saren Ubud sangat menarik sehingga hampir setiap hari dikunjung wisatawan domestik dan manca negara untuk melihat langsung suasana istana raja Ubud yang memiliki arsitektur tradisional Bali lengkap dengan keindahan ukiran dan patung - patung disekitarnya serta tata ruang yang berkonsep tradisional Bali.

Pada arsitektur tradisional Bali yang memiliki konsep dasar pada orientasi kosmologi, keseimbangan kosmologi, serta hierarki ruang yang telah sejak zaman dahulu menjadi acuan dalam merancang bangunan.

Puri ini dibangun oleh Ida Tjokorda Putu Kandel yang memerintah sekitar tahun 1800-1823 M. Selama ini Puri Saren difungsikan sebagai repositori budaya tradisional Bali yakni sebagai pelindung utama kesenian, tarian, maupun sastra Bali. Puri ini sangat unik, karena memiliki benda-benda yang sarat dengan estetika yang tinggi, bangunan tradisionalnya menawan dan artistik. Puri ini dilengkapi juga dengan auditorium/wantilan sebagai tempat pertemuan.


Lokasi Puri Saren Ubud


Entri Populer