Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali merupakan pura luhur masyarakat Bali yang terletak di Barat Daya pulau Bali dan berdiri di puncak tebing batu karang dengan ketinggian sekitar 97 meter dari permukaan air laut. Pura luhur Uluwatu Bali adalah Pura Sad Kahyangan yang dipercaya oleh masyarakat pemeluk agama Hindu di Bali sebagai penyangga dari 9 mata angin.

Pura Uluwatu terletakdi desa Pecatu kecamatan kabupaten Badung, Bali ini berjarak sekitar 18 km dari bandara International Ngurah Rai sangat popular dikalangan wisatawan domestik maupun wisatawan asing.  

Pura ini memiliki keunikan karena lokasinya berada diatas tebing tinggi sehingga menjadi daya tarik untuk dikunjungi untuk melihat langsung Pura Uluwatu dan keindahan panorama laut Selatan dari ketinggian ataupun menikmati suasana sunset di Uluwatu.

Selain keindahan panorama alam pura Uluwatu di area sekitar pura ini juga terdapat pementasan tari Kecak yang dilaksanakan sekitar jam 5 sore menjelang sunset sehingga menambah daya tarik Pura luhur ini untuk dikunjungi.

Pura Uluwatu Bali menurut sejarah mulanya digunakan sebagai tempat memuja pendeta suci Empu Kuturan dan juga sebagai pemujaan pendeta suci Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali di akhir tahun 1550 kemudian mengakhiri perjalanan sucinya dengan yang dinamakan Moksah/Ngeluhur di tempat ini. Sehingga kata Ngeluhur menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu.

Peta Lokasi Pura Luhur Uluwatu Bali

 

Entri Populer