Pura Tirta Empul

Tirta Empul merupakan sebuah pura yang terletak di kecamatan Tampak Siring, berada di sebuah lembah, di Desa Manukaya, Kabupaten Gianyar, tepat di sebelah bawah Istana Tampak Siring, istana kepresidenan, yang didirikan oleh presiden pertama Indonesia, IR Soekarno sebagai tempat peristirahatan bilamana berkunjung ke Bali

Pura Tirta Empul banyak dikunjungi para wisatawan, baik dari mancanegara maupun wisatawan domestik. Objek wisata ini, merupakan salah satu tempat wisata yang popular dan merupakan destinasi wisata yang mesti disinggahi wisatawan bila berlibur di Bali.

Pada pura Tirta Empul, terdapat mata air yang hingga kini masih digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk permandian dan memohon tirta suci.

Sejarah berdirinya Pura Tirta Empul
Pura Tirta Empul sebagai peninggalan Kerajaan di Bali, secara etimologi bahwa Tirta Empul artinya air yang menyembur keluar dari tanah. Maka Tirta Empul artinya adalah air suci yang menyembur keluar dari tanah. Pura Tirta Empul ini diperkirakan berdiri tahun 960 M pada masa Chandra Bhayasingha yang merupakan raja keempat Wangsa Warmadewa yang berkuasa di 10-11 di Pulau Bali. Pendirinya adalah Sri Kesari Warmadewa, yang disebut dalam prasasti Blanjong di Sanur. Pada paket tour Bali dengan route Kintamani ataupun Ubud dapat singgah ketempat ini karena tidak terlalu jauh.

Lokasi Pura Tirta Empul

Entri Populer